Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Bisnis Frozen Food? Baca 8 Tips Berikut Biar Untung Besar!

 

Mau Bisnis Frozen Food? Baca 8 Tips Berikut Biar Untung Besar!

Bisnis Frozen Food



Frozen food menjadi salah satu makanan populer di dunia, begitu juga dengan di Indonesia. Makanan beku ini dipercaya efektif menjadi alternative menu makanan bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk memasak.

Selain itu buat para ibu muda yang biasanya malas memasak bisa langsung goreng saja. Frozen food memang cocok dijadikan stok cadangan makanan di rumah.

Namun perlu kita ketahui bersama bahwa makanan ini merupakan makanan cepat saji yang mengandung pengawet dan perasa, jadi sebaiknya tidak terlalu sering menjadi menu makanan sehari – hari.

Selain itu buat tips aman memasak dan mengkonsumsi frozen food bisa dikonsumsi bareng makanan sehat dengan gizi seimbang lainnya.

Frozen food bukan hanya kerap dijadikan menu alternative ketika ibu yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak, namun juga sering dijadikan ide bisnis.

Dengan melihat banyaknya penggemar frozen food membuat para pedagang memanfaatkannya menjadi salah satu menu andalan.

Pengertian Frozen Food

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai bisnis makanan cepat saji ini maka kita akan melihat terlebih dahulu pengertian frozen food yakni makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan makanan hingga nanti siap dimakan.

Meski begitu bukan berarti frozen food tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Sebab pembekuan makanan ini hanya bertujuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri serta enzim dengan begitu masa simpannya bisa jauh lebih panjang.

Makanan praktis siap masak ini sudah ada sejak sangat lama dan baru ada di Indonesia sejak Bangsa Jepang dan China membanya ke tanah air.

Hingga kini frozen food terus mengalami perkembangan rasa dan jenis. Selain itu bentuknya juga sangat menarik dan unik dengan rasa daging yang khas membuatnya semakin digemari, bukan hanya anak – anak namun juga dari berbagai kalangan.

Peluang Usaha Bisnis Frozen Food via Detik

Cara Memilih Frozen Food yang Tepat

Meski makanan ini sangat populer dan praktis tidak semua frozen food sehat dan aman dikonsumsi, terutama yang dijual oleh para pedagang kaki lima yang dibuat sendiri, sebab banyak juga pedagang nakal yang membuat makanan beku dengan tambahan bahan berbahaya.

Untuk menghilangkan rasa khawatir penikmat frozen food ada beberapa tips aman memilihnya, diantaranya adalah:

1. Pilih Berdasarkan Jenisnya

Semakin banyak penggemar panganan beku maka semakin banyak bermunculan merk – merk terbaru dengan berbagai varian rasa dan bentuk yang unik sehingga terlihat semakin menarik, namun saat akan membeli pilihlah berdasarkan kebutuhan serta pastikan anda melihat batas waktu penyimpanan yang disarankan supaya masih layak konsumsi. Berikut beberapa frozen food berdasarkan jenisnya:

a. Makanan Siap Masak, Cepat dan Praktis

Jenis yang pertama adalah makanan siap masak, cepat dan praktis. Jika ingin menyantapnya anda bisa langsung mengolahnya dengan petunjuk penyajian yang tepat yakni dengan digoreng, direbus, dipanggang, serta direbus saja.

Banyak juga para ibu yang menggunakan frozen food untuk campuran masakan agar rasanya lebih enak. dalam kategori ini frozen food yang bisa anda pilih adalah bakso, nugget, sosis, dimsum dan lainnya

Untuk tiap jenisnya memiliki masa simpan atau masa kadaluarsa yang berbeda – beda. Ada yang mampu bertahan hingga tahunan.

Namun ada juga yang hanya bisa disimpan dalam hitungan bulan, bahkan dalam satu jenis makanan bisa memiliki masa simpan yang berbeda, sebagai contohnya chicken nugget bisa disimpan dalam jangka satu tahun jika belum dibuka, namun jika sudah dibuka hanya bisa tertahan selama 2 minggu hingga 1 bulan saja.

b. Makanan Siap Santap, Hemat Waktu

Jenis yang kedua ini adalah makanan siap santap, bahkan jauh lebih praktis ketimbang makanan siap saji. Makanan yang satu ini tidak perlu proses pemasakan seperti goreng atau kukus, namun anda hanya langsung saja memasukkannya di dalam microwave atau rice cooker.

Cara ini dijamin lebih praktis dan sangat cocok untuk anda yang tidak punya banyak waktu di pagi hari. Jenis makanan beku yang satu ini menjadi solusi yang paling tepat.

Frozen food siap santap memiliki beragam jenis, baik yang termasuk makanan ringan maupun berat, namun makanan siap santap ini memiliki masa simpan yang lebih singkat yakni sekitar 1 bulan.

Untuk jenis makanan ringan namun mengenyangkan anda bisa memilih kebab, sedangkan untuk makanan berat seperti nasi dengan lauk ayam rica rica atau sapi lada hitam.

c. Makanan Siap Olah, Higienis dan Terjamin Kesegarannya

Jenis selanjutnya adalah makanan siap olah atau frozen food siap olah. Makanan beku jenis ini menjadi jalan keluar buat anda yang malas membersihkan daging segar yang dibeli dipasar atau merasa jijik dengan baunya.

Daging sapi segar akan dimasukkan ke dalam frozer untuk waktu  yang lama hingga siap untuk diolah. Jenisnya bisa berupa daging atau ikan yang setelah dibersihkan dan dicuci langsung dibekukan sehingga lebih aman dan higienis. Selain itu anda juga tidak perlu ragu dengan kebersihan dan kesegarannya.

Makanan siap olah ini berasal dari bahan mentah yang memiliki masa ketahanan simpan yang berbeda – beda sehingga anda harus paham dengan cara penyimpanan dan waktu yang dibutuhkan.

Contohnya ikan tanpa lemak seperti kerapu dan cod bisa disimpan selama 2 bulan, daging merah seperti api, kambing, atau babi memiliki masa simpan yang lebih panjang yakni sekitar 3 bulan.

d. Sayur dan Buah Beku

Jenis yang terakhir adalah jenis sayuran dan buah beku, untuk melengkapi gizi harian anda. Ada banyak sekali produsen yang menjual sayur dan buah beku yang bisa disimpan lebih lama ketimbang yang segar.

Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa makanan yang dibekukan memiliki kadar gizi yang lebih rendah, maka begitu pula dengan buah dan sayur beku memiliki nilai gizi yang lebih rendah.

Meski begitu anda tidak perlu khawatir sebab penelitian yang dilakukan Jepang membuktikan bahwa sayr dan buah beku memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi.

Dijaman sekarang ini banyak sekali produsen nakal yang menambahkan bahan berbahaya pada berbagai jenis makanan, begitu juga dengan sayur dan buah segar kini ditemukan mengandung bahan berbahaya yang lebih tinggi ketimbang sayur dan buah beku.

2. Pilih Produsen yang Terpercaya

Memilih frozen food yang aman selanjutnya adalah dengan membelinya pada produsen terpercaya. Memilih brand yang sudah terkenal dan sudah berproduksi dalam waktu yang lama jauh lebih aman ketimbang memilih brand ecek – ecek yang baru bermunculan.

Belum lagi kita produk – produk rumahan terus bermunculan yang ditakutkan belum terjamin kualitas serta kehigienisannya. Biasanya brand terkenal sudah melewati tahapan pemeriksaan dan pengawasan yang ketat dari BPOM.

Bahkan banyak pula brand brand terkenal yang sudah mengantongi sertifikat khusus makanan dan produk pangan yakni GMP dan HACCP.

Jadi anda harus menjadi konsumen cerdas dengan berhati – hati saat membeli frozen food jangan sampai tertipu dengan produknya yang akan membuat anda sakit perut karena kurang higienis. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat membeli makanan beku, diantaranya:

a. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Produk frozen food ini merupakan produk siap saji yang dikemas dalam kemasan tertentu dan bisa dikonsumsi dalam jangka panjang, sehingga memiliki batas edar atau batas pakai yang biasa disebut sebagai tanggal kadaluarsa.

Sebelum membelinya maka pastikan anda memeriksa secara teliti tanggal kadaluarsanya terlebih dahulu. Anda bisa membeli frozen food yang tanggal atau masa simpannya masih lama sehingga aman

b. Cek Kemasan dan Tekstur Produk

Frozen food bukan hanya dijual dalam bentuk kemasan yang praktis namun juga ada yang curah yang bisa dibeli dengan berat tertentu dan harganya jauh lebih murah, namun sebaiknya belilah yang sudah dalam kemasan karena lebih terjamin kesehatannya serta kehigienisannya.

Makanan yang sudah terbuka ditakutkan terpapar bakteri dari udara. Untuk membeli frozen food yang ada dalam kemasan anda juga harus teliti, perhatikan bungkusnya, pastikan tidak ada lubang, sobekan serta celah di semua bagian, tempat udara masuk yang menyebabkan makanan rusak.

Tips Menyimpan Frozen Food yang Benar

Meski frozen food memiliki tanggal kadaluarsa yang cukup panjang sehingga memiliki masa simpan yang lebih lama ketimbang makanan segar, namun cara menyimpan yang tidak benar akan menyebabkan makanan rusak.

Penyimpanan yang tepat dan benar akan membuat masa simpan jauh lebih panjang dan mengurangi risiko kontaminasi makanan dengan bakteri. Buat yang belum paham cara menyimpan frozen food dengan benar, perhatikan beberapa tips pintar berikut :

1. Langsung Masukkan ke Dalam Kulkas

Cara penyimpanan frozen food yang pertama adalah pastikan anda langsung memasukkan frozen food sesaat setelah membelinya kedalam freezer atau kulkas beku.

Selain itu jika anda membeli makanan beku di tempat yang cukup jauh dengan perjalanan memakan waktu hingga 1 jam atau lebih maka pastikan makanan tersebut tetap dalam kondisi dingin. Untuk menjaga keamanan makanan anda bisa mencoba menambahkan es batu ke dalam kantong plastic atau membawa ice box

2. Pastikan Suhu Freezer Dibawah – 18 C

Tips menyimpan frozen food agar tetap aman selanjutnya adalah dengan memastikan lemari pendingin yang anda miliki bersuhu dibawah -18C.

Dengan suhu tersebut makanan bisa disimpan jauh lebih lama. Jika suhu kurang maka potensi makanan mengalami kerusakan dan busuk akan jauh lebih besar.

3. Tutup Rapat Jika Tidak Habis dalam Sekali Makan

Cara penyimpanan frozen food yang benar selanjutnya adalah dengan menutup rapat jika tidak habis dalam sekali makan.

Biasanya jika kita membeli makanan beku yang memiliki kemasan jumbo akan berujung sisa makanan dalam jumlah yang banyak, maka penyimpanan yang tidak benar akan menurunkan kualitas makanan akibat paparan udara pembawa bakteri.

Baca juga: Panduan Cara Jualan di Tokopedia Lengkap!

Tips Bisnis Frozen Food dari Rumah

Frozen food bukan hanya cocok dikonsumsi secara pribadi, namun bisa dijadikan lahan bisnis, sebab ada banyak peminat atau konsumen yang menyukai makanan beku ini.

Namun  banyak dari pebisnis makanan beku yang mengalami kegagalan akibat kurang pengetahuan bisnis. Maka dalam artikel kali ini ada beberapa tips bisnis frozen food dari rumah yang dijamin ampuh, berikut diantaranya:

1. Komitmen

Memulai bisnis frozen food janganlah didasari oleh latah melihat usaha orang lain, sebab usaha yang seperti itu tidak akan berjalan lama.

Pastikan anda menanamkan sikap komitmen dari dalam hati serta disiplin yang kuat, dengan begitu usaha yang kita jalani bisa terus berkembang dan sesuai dengan yang diharapkan, meskipun banyak rintangan yang muncul nantinya.

2. Riset

Tips bisnis makanan beku selanjutnya adalah dengan melakukan riset sebelum memulai usaha. Pastikan anda sudah melakukan riset dan itupun dilakukan secara berkala, mulai dari rajin mereset modal, bahan baku, cara pengolahan yang baik sehingga menghasilkan menu jualan yang enak dan disukai banyak orang. Kita tidak boleh kalah dari pedagang lain, baik dari menu yang ditawarkan hingga harga yang kita patok.

3. Pilih Produk Makanan Beku yang Unik

Buat para pebisnis pemula, pastika anda memilih frozen food yang unik untuk menu jualan yang anda siapkan. Anda harus mencari ciri khas tersendiri yang tidak bisa ditemukan ditempat lain sehingga dimana anda berjualan selalu dicari oleh pelanggan.

Untuk jenis frozen food yang bisa menjadi pilihan jualan mulai dari sosis, empek – empek, nugget, siomay, dan lain sebagainya. Selain mengandalkan menu – menu tersebut sebaiknya buatlah menu kreasi sendiri yang dikombinasikan dengan berbagai jenis frozen food tersebut.

4. Menentukan Target Pasar dan Pelanggan

Cara ampuh berbisnis makanan beku selanjutnya adalah dengan menentukan target pasar serta pelanggan. Pastikan terlebih dahulu kalangan mana yang ingin anda jangkau.

Jika anak – anak yang menjadi target utama anda maka pilihlah makanan beku yang disukai anak – anak, seperti sosis, nugget, bakso dan lain sebagainya.

Selain itu tempat atau lokasi jualan juga harus diperhatikan, jika anak – anak adalah target utama sebaiknya anda membuka toko di sekitar SD atau Tk.

5. Pelajari Persaingan

Anda juga harus mempelajari persaingan yang ada di sekitar tempat anda berjualan. Jika banyak pedagang menjual sosis sebaiknya juallah produk lain atau bisa menjual sosis dengan kreasi sendiri. Selain itu untuk menghadapi persaingan yang ketat membutuhkan berbagai strategi yang tepat.

****

Itu tadi artikel mengenai frozen food yang semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Beberapa frozen food bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk memasak. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih

Tags: Bisnis Frozen FoodBisnis Makanan BekuCara Bisnis Frozen FoodFrozen FoodPeluang Usaha Bisnis Frozen FoodPeluang Usaha Frozen FoodPeluang Usaha Makanan BekuTips Bisnis Frozen Food

Posting Komentar untuk "Mau Bisnis Frozen Food? Baca 8 Tips Berikut Biar Untung Besar!"